Euphoria facebook, Akankah Bertahan?

facebook

Facebook salah satu dan satu-satunya social network yang digandrungi anak-anak muda jaman sekarang. Yang menjadikan 1.000.000 lebuh warga Indonesia kecanduan jejaring sosial yang satu ini. Tak peduli laki-laki, perempuan, tua, muda, pintar, goblok, anggota DPR, guru, siswa, tukang bakso, toko kelontong, bahkan terakhir saya membuatkan sebuah akun facebook untuk kucing saya. Mengapa warga Indonesia begitu addict terhap facebook.Apa sih Facebook itu?

Facebook founder

Semua orang di dunia ini -kecuali mereka yang tinggal di daerah primitif- pernah menggunakan atau minimal mengetahui apa itu facebook. Sangat riskan bila kita membahas facebook tanpa mengerti ” Apa sih sebenarnya facebook? “.

Facebook berawal dari Mark Zuckerberg. Ia adalah seorang programer komputer dan pengusaha asal Amerika Serikat. Menjadi kaya di umurnya yang relatif muda karena berhasil mendirikan dan mengembangkan situs jaringan sosial Facebook di saat masih kuliah dengan bantuan teman Harvardnya Andrew McCollum dan teman sekamarnya Dustin Moskovitz dan Crish Hughes.

Sekarang Facebook menjadi ” The Best Social Networking ” di seluruh dunia dengan puuhan juta user, di berbagai belahan dunia

Mengapa Facebook?

Sebelum muncul euphoria Facebook, ada beberapa situs jejaring sosial seperti Friendster atau MySpace yang sempat meraja lela di kalangan muda Indonesia. Banyak sekali pengguna Friendster Indonesia berinteraksi dengan teman-temannya secara online. Mereka dapat menyapa, mengucapkan ” selamat ultah “, berbagi foto, sampai menawarkan jasa dan produk kepada konsumen. Tetapi apa yang membuatnya ” jatuh ” setelah kemunculan Facebook.

Semua karena sebuah infrastruktur facebook yang membuat facebook dicintai pengguna setianya. Meski dalam hal appereance facebook memiliki desain clean dengan color yang enak dipandang berjam-jam. Bebeda dengan jejaring sosial lainnya yang memiliki layout berantakan seperti myspace dan friendster.

Fasilitas ” Update Status ” yang Digandrungi Masyarakat Kebanyakan

Ya! Inilah salah satu alasan pengguna facebook mengakses halaman webnya berjam-jam. Fasilitas yang pertama kali di usung oleh facebook dan sekarang sudah menjadi fitur basic di seluruh jejaring sosial.

Dengan fasilitas yang aditif ini, pengguna Facebook akan sering meng”update” status kala seseorang tersebut punya hal baru yang ingin dibagikan kepada Teman-teman mereka, atau keadaan orang tersebut pada waktu men-“update” statusnya.

Fasilitas Multimedia Lainnya

Selain update status, kita juga dapat merasakan fungsi multimedia lainnya seperti menjajal games dan aplikasi di facebook secara gratis. Anda juga dapat mengunggah foto dan video dan menyebarkannya kepada teman-teman anda.

Lahan Bisnis yang Menguntungkan!

Dengan memiliki teman-teman yang banyak anda juga dapat menawarkan berbagai macam produk atau jasa yang anda buat. Semakin banyak teman yang anda miliki semakin besar “pasar” anda. Di fasilitas yang satu ini anda juga berinteraksi dengan pelanggan Anda.

Dengan fasilitas FanPage Anda juga bisa membuat sebuah halaman tentang perusahaan atau produk yang anda tawarkan. FanPage ini juga sering digunakan para selebriti untuk berkomunikasi dengan Fans-nya tanpa bertatap muka secara langsung

Kesimpulan Yang Dapat Kita Ambil

Dengan seambrek fungsi yang diberikan facebook kepada para penggunanya, sudah dipastikan bahwa facebook sudah menjadi social network yang paling lengkap. Hal tersebut membuat para penggunanya sulit meninggalkan jejaring sosial yang satu ini.

Demikian sebuah pemikiran saya tentang euphoria facebook sekarang, jika anda memiliki pemikiran lainnya jangan dipendam sendiri, ngomong dong ke saya dengan memberi comment  di bawah ini.

Iklan

2 responses to “Euphoria facebook, Akankah Bertahan?

  1. Moga kelak ada jejaring sosial karya anak negeri yang jauh lebih ramai 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s